Niat Sholat Hajat: Tata Cara dan Waktu Pelaksanaan

Berita, blog, Budaya, Umum231 Dilihat

Sholat Hajat Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang niat sholat hajat, tata cara pelaksanaannya, dan waktu yang tepat untuk melaksanakannya.

Niat Sholat Hajat

Niat sholat hajat sebenarnya tidak berbeda dengan niat sholat lainnya, yaitu untuk melaksanakan sholat hajat dengan niat karena Allah SWT. Namun, saat mengucapkan niat sholat hajat, disarankan untuk menyebutkan tujuan atau hajat yang ingin dimohonkan pertolongan kepada Allah SWT. Contoh niat sholat hajat adalah sebagai berikut: “أُصَلِّي سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَخِيرًا لِلَّهِ تَعَالَى” Artinya: “Aku niat sholat sunnah hajat dua rakaat, memohon pertolongan kepada Allah SWT.”

Tata Cara Pelaksanaan

Berikut adalah tata cara pelaksanaan sholat hajat:

  1. Niat: Tentukan niat sholat hajat dengan sungguh-sungguh di dalam hati, kemudian mulailah dengan takbiratul ihram.
  2. Takbiratul Ihram: Mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu, lalu ucapkan takbiratul ihram sambil meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri di dada.
  3. Membaca Al-Fatihah: Setelah takbiratul ihram, bacalah Surat Al-Fatihah seperti dalam sholat yang lain.
  4. Membaca Surat Pendek: Setelah Al-Fatihah, baca surat pendek dari Al-Quran pada rakaat pertama. Pada rakaat kedua, setelah Al-Fatihah, baca surat pendek atau panjang dari Al-Quran.
  5. Rukuk dan Sujud: Setelah membaca surat pendek, lakukan rukuk dan sujud seperti dalam sholat yang lain.
  6. Tahiyat Awal: Setelah sujud kedua pada rakaat kedua, duduk untuk membaca tahiyat awal.
  7. Salam: Setelah membaca tahiyat awal, ucapkan salam ke kanan dan kiri untuk menandai akhirnya sholat.

Waktu Pelaksanaan

Sholat hajat dapat dikerjakan kapan saja, baik di pagi, siang, sore, atau malam hari. Namun, beberapa waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan sholat hajat antara lain:

  • Setelah sholat wajib, baik itu sholat fardhu atau sholat sunnah muakkadah.
  • Di waktu-waktu mustajab, seperti di akhir malam sebelum adzan subuh, di waktu antara adzan dan iqamah, serta di saat terjadinya hujan.

Kesimpulan

Dengan niat yang tulus dan pelaksanaan yang benar, sholat hajat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon pertolongan-Nya dalam menghadapi segala persoalan hidup. Semoga artikel ini bermanfaat dalam menjalankan ibadah sholat hajat dengan baik dan benar.

Komentar